Daftar Postingan Saya

Sabtu, 28 September 2013

MAKALAH ASUHAN KEBIDANAN II PERUBAHAN FISIOLOGIS PADA KALA II PERSALINAN



MAKALAH
ASUHAN KEBIDANAN II
PERUBAHAN FISIOLOGIS PADA KALA II PERSALINAN
Dosen Pengampu : Umi Dwi Susanti, S.SiT
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Asuhan Kebidanan II Perubahan Fisiologis pada Kala II Persalinan

                                                   

 





Disusun oleh
1.      Novita Indra Putri L   AKU.11.035
2.      Nur Latifah                 AKU.11.037
3.      Nurul Istiq Fitriyah     AKU.11.039
4.      Puji Ratnasari              AKU.11.041
5.      Renita                          AKU.11.043



AKADEMI KEBIDANAN UNISKA KENDAL
Jalan Soekarno-Hatta No 99 Telp (0294) 381299
2011/2012



KATA PENGANTAR

            Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat hidayah dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah
            Penyusun berharap tulisan ini bisa memberikan wawasan luas untuk memahami tentang Asuhan Kebidanan II Perubahan Fisiologis pada Kala II Persalinan. Selain itu penyusun berharap tulisan ini dapat menjadi dasar pengantar dan pemenuhan materi perkuliahan Asuhan Kebidanan II Perubahan Fisiologis pada Kala II Persalinan

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini masih jauh dari kesempurnaan maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat sangat membangun, penulis mengharapkan demi kesempurnaan makalah ini dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu penyusunan tulisan ini. Semoga Allah SWT memberkati kita semua.

                                                                                                            Penyusun

                                                                       
















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.......................................................................................   i
KATA PENGANTAR.....................................................................................   ii
DAFTAR ISI...................................................................................................   iii

BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang..........................................................................  
B.       Rumusan Masalah.....................................................................  
C.       Tujuan.......................................................................................  
D.       Manfaat.....................................................................................  
BAB II    TINJAUAN TEORI........................................................................  
A.      Kontraksi, Dorongan Otot-Otot Dinding Uterus........................................................
B.       Pergeseran Organ Dasar Panggul............................................................
C.       Ekspulsi Janin...............................................
BAB III    PENUTUP......................................................................................  
A.  Kesimpulan...............................................................................  
B.  Saran.........................................................................................  
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................









BAB I
PENDAHULUAN

A.          LATAR BELAKANG
Perawatan tubuh dan perawatan penunjang selama kala dua persalinan merupakan kelanjutan asuhan yang dimulai selama kala satu persalinan.Dimodifikasi untuk memenuhi perubahan kebutuhan wanita yang berkembang selama persalinan. Keefektifan tindakan memberi kenyamanan bergantung pada bagaimana setiap wanita mengalami dan menerimanya
Wanita mungkin memerlukan bantuan dalam mengatur pernapasannya dan dalam mengefektifkan penggunaan upaya dorong alaminya. Wanita perlu dipimpin untuk bernapas pendek dan cepat jika ia merasa ingin mendorong. Bernapas pendek dan cepat dapat berarti melakukan inhalasi dengan cepat diikuti ekshalasi yang kuat dan segera diulangi. Pernapasan pendek dan cepat juga dapat berarti napas tenggorok yang dangkal dan cepat.
Kebutuhan ibu selama persalinan antara lain :
Perawatan tubuh, pendampingan oleh keluarga, bebas dari rasa nyeri persalinan, penghormatan akan budaya, dan informasi tentang diri dan janinnya. asuhan tubuh artinya metode sentuhan oleh pendamping persalinan, misalnya : mengusap mata dengan washlap lembab, memperhatikan kebersihan tubuh, memperhatikan kebersihan pada vulva agar ibu nyaman dan pemberian nutrisi.

B.       RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang tersebut diatas maka perumusan masalah  pada makalah ini diantaranya:
1.      Apa saja perubahan yang terjadi pada persalinan ?
2.      Bagaimana mekanisme kerja perubahan tersebut ?
3.      Apa dampak yang timbul akibat perubahan tersebut ?





C.       TUJUAN
1.      Mengetahui perubahan yang terjadi pada ibu bersalin
2.      Mengetahui proses perubahan tersebut
3.      Mengetahui cara memberikan Asuhan Kebidanan

D.      MANFAAT
Manfaat  yang diharapkan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memberikan gambaran tentang perubahan yang terjadi pada ibu bersalin
2.      Sebagai bahan masukan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman tentang perubahan yang terjadi pada ibu bersalin























BAB II
TINJAUAN TEORI


·        PERUBAHAN FISIOLOGIS PADA KALA II PERSALINAN
Ø KONTRAKSI, DORONGAN OTOT-OTOT PERSALINAN
Kontraksi uterus pada persalinan mempunyai sifatnya tersendiri. Kontraksi  menimbulkan nyeri, merupakan kontraksi satu-satunya kontraksi normal muskulus. Kontraksi ini dikendalikan oleh syaraf intrinsic, tidak disadari, tidak dapat diatur oleh ibu bersalin, baik frekuensi maupun lama kontraksi.
Sifat Khas :
a.      Rasa sakit dari fundus merata ke seluruh uterus sampai berlanjut ke punggung bawah.
b.      Penyebab rasa sakit belum diketahui secara pasti. Beberapa dugaan penyebab antara lain :
1)      Pada saat kontraksi terjadi kekurangan O  pada meometrium.
2)      Penekanan ganglion syaraf di serviks dan uterus bagian bawah.
3)      Peregangan servik akibat dari pelebaran serviks.
4)      Peregangan peritoneum sebagai organ yang menyelimuti uterus.
Pada waktu selang kontraksi periode relaksasi diantara kontraksi memberikan dampak berfungsinya system-sistem dalam tubuh, yaitu :
a.      Memberikan kesempatan pada jaringan otot-otot uterine untuk beristirahat agar tidak memberikan menurunkan fungsinya oleh karena kontraksi yang kuat secara terus-menerus.
b.      Memberikan kesempatan kepada ibu untuk istirahat, karena rasa sakit selama kontraksi.
c.       Menjaga kesehatan janin karena pada saat kontraksi  uterus mengakibatkan konstriksi pembuluh darah placenta sehinggah bila secara terus menerus berkontraksi, maka akan menyebabkan hipoksia, anoksia dan kematian janin.
Pada awal persalinan kontraksi uterus selama 15-20 detik. Pada saat memasuki fase aktif, kontraksi terjadi selama 45-90 detik rata-rata 60 detik. Dalam satu kali kontraksi selama 3 fase, yaitu fase naik, puncak dan turun. Pada saat fase naik lamanya 2 kali fase lainnya. Pemeriksaan kontraksi uterus meliputi, frekuensi, durasi lama, intensitas kuat /lemah. Frekuensi dihitung dari awal timbulnya kontraksi sampai muncul kontraksi berikutnya. Pada saat memeriksa durasi/ lama kontraksi, perlu diperhatikan bahwa cara pemeriksaan kontraksi uterus dilakukan dengan palpasi pada perut. Karena bila berpedoman pada rasa sakit yang dirasakan ibu bersalin saja kurang akurat. Pada saat awal kontraksi biasanya ibu bersalin belum merasakan sakit, begitu juga pada saat kontraksi sudah berakhir, ibu bersaliin masih merasakan sakit. Begitu juga dalam menentukan intensitas kontraksi uterus atau kekuatan kontraksi /kontraksi uterus, hasil pemeriksaan yang disimpulkan tidak dapat diambil dari seberapa reaksi nyeri ibu bersalin pada saat kontraksi. Ambang rasa nyeri tiap individu berbeda. Pada ibu bersalin yang belum siap menghadapi persalinan, kurang matang psikologis, tidak mengerti proses persalinan yang ia hadapi akan bereaksi serius dengan berteriak keras saat kontraksi walaupun kontraksinya lemah. Sebaliknya ibu bersalin yang sudah siap menghadapi persalinan, matang psikologis, mengerti tentang proses persalinan, mempunyai ketabahan, kesabaran yang kuat, pernah melahirkan, didampingi keluarga dan didukung oleh penolong persalinan yang professional, dapat menggunakan teknik pernafasan untuk relaksasi,maka selama kontraksi yang kuat tidak akan berteriak. Intensitas dapat diperiksa dengan cara jari-jari tangan ditekan pada perut, bisa atau tidak uterus ditekan. Pada kontraksi yang lemah akan mudah dilakukan, tetapi pada kontraksi yang kuat tidak mudah dilakukan. Bila dipantau dengan monitor janin, kontraksi uteru yang paling kuat pada fase kontraksi puncak tidak akan melebihi 40 mmHg.
Selanjutnya, kesimpulan pemeriksaan kontraksi uterus tidak hanya meliputi, frekuensi, durasi/lama, intensitas kuat/lemah tetapi  perlu diperhatikan juga pengaruh dari ketiga hal tersebut mulai dari kontraksi yang belum teratur hingga hasil persalinan. Misalnya pada awal persalinan, kontraksi uterus setiap 20-30 menit selama 20-25 detik, intensitas ringan lama-kelamaan menjadi 2- 3 menit, lama 60-90 detik, kuat,maka hal ini akan menghasilkan pengeluaran janin. Bila ibu bersalin mulai berkontraksi selam 5 menit selama 50-60 detik dengan intensitas cukup kuat maka dapat terjadi kontraksi tidak teratur, frekuensi lebih sering, durasi lebih lama. Terkadang dapa terjadi disfungsi uterin, yaitu kemajuan proses persalinan yang meliputi dilatasi servik/pelebaran serviks, mekanisme penurunan kepala memakan waktu yang lama tidak sesuai dengan harapan.
Kontraksi uterus berkontraksi pada setiap bagian karena mempunyai pola gradient. Kontraksi yang kuat mulai dari fundus hingga berangsur-angsur berkuran dan tidak ada sama sekali kontraksi pada serviks. Hal ini memberikan efek pada uterus sehingga uterus menjadi 2 zona, yaitu zona atas dan zona bawah uterus. Zona atas merupakan zona yang berfungsi mengeluarkan janin karena merupakan zona yang berkontraksi dan menebal. Dan sifatnya aktif. Zona ini terbentuk akibat mekanisme kontraksi otot. Pada saat relaksasi panjang otot tidak bisa kembali ke ukuran semula, ukuran panjang otot selama masa relaksasi semakin memendek, dan setiap terjadi relaksasi ukuran panjang otot semakin memendek dan demikian seterusnya setiap kali terjadi relaksasi sehingga zona atas semakin menebal dan mencapai batas tertentu pada zona bawah semakin tipis dan luas.
Sedangkan zona bawah terdiri dari ismus dan servik uteri. Pada saat persalinan ismus uteri disebut sebagai segmen bawah rahim. Ozna ini sifatnya pasif tidak berkontraksi seperti zona atas. Zona bawah menjadi tipis dan membuka akibat dari sifat pasif dan pengaruh dari kontraksi pada zona atas sehingga janin dapat melewatinya. Jika zona bawah ikut berkontraksi seperti zona atas maka tidak dapat terjadi dilatasi/ pembukaan servik, hal ini dapat mempersulit proses persalinan.
Ø UTERUS
Terjadi perbedaan pada bagian uterus :
a.      Segmen atas : bagian yang berkontraksi, bila dilakukan palpasi akan teraba keras saat kontraksi.
b.      Segmen bawah : terdiri atas uterus dan serviks, merupakan daerah yang teregang, bersifat pasif. Hal ini mengakibatkan pemendekan segmen bawah uterus.
c.       Batas antara segmen atas dan segmen bawah uterus membentuk lingkaran cincin retraksi fisiologis. Pada keadaan kontraksi uterus inkoordinasi akan membentuk cincin retraksi patologis yang dinamakan cincin bandl.
Perubahan bentuk :
Bentuk uterus menjadi oval yang disebabkan adanya pergerakan tubuh janin yang semula membungkuk menjadi tegap, sehingga uterus bertambah panjang 5-10 cm.

Ø  PERGESERAN ORGAN DASAR PANGGUL
Keadaan segmen atas dan segmen bawah rahim pada persalinan.Sejak kehamilan lanjut, uterus dengan jelas terdiri atas dua bagian yaitu segmen atas rahim yang dibentuk oleh korpus uteri dan segmen bawah rahim yang terjadi dari isthmus uteri.Dalam persalinan, perbedaan antara segmen atas rahim dan segmen bawah rahim lebih jelas lagi.Segmen atas memegang peranan aktif karena berkontraksi dan dindingnya bertambah tebal dan majunya persalinan.Segmen bawah rahim memegang peranan pasif dan makin tipis dengan majunya persalinan karena diregang.
Jadi secara singkat, saat persalinan segmen atas berkontraksi, menjadi tebal, dan mendorong anak keluar.Sementara itu segmen bawah dan serviks mengadakan relaksasi, dilatasi, serta menjadi saluran yang tipis dan teregang yang nantinya akan dilalui bayi.
Kontraksi otot rahim mempunyai sifat yang khas sebagai berikut
1.      Setelah kontraksi, otot tersebut tidak berelaksasi kembali ke keadaan sebelum kontraksi, tetapi menjadi edikit lebih pendek tonusnya walaupun sebelum kontraksi.Kejadian ini disebut retraksi.Dengan retraksi ini, maka rongga rahim mengecil dan anak secara perlahan didorong ke bawah dan tidak naik lagi keatas setelah his hilang.Akibat retraksi ini, segmen atas makin tebal dengan majunya persalinan apalagi setelah bayi lahir.
2.      Kontraksi tidak sama kuatnya, tetapi paling kuat didaerah fundus uteri dan berangsur berkurang kebawah.Kontraksi yang paling lemah terjadi pada segmen bawah rahim.
Tanda fisik dini pada persalinan kala II adalah sebagai berikut:
1.      Ketuban pecah spontan
2.      Tekanan rectum, sensasi ingin defekasi selama kontraksi
3.      Muntah
4.      Bercak atau keluar cairan merah terang dari vagina
5.      Garis ungu memanjang dari anus mencapai bokong
6.      Perlambatan DJJ pada puncak kontraksi
Tanda lanjut kala II adalah sebagai berikut:
1.      Perineum mengembung, vagina melebar dan anus mendatar.Sering kali ibu membuka anusnya saat meneran selama kontraksi
2.      Bagian presentasi tampak dan terus berlanjut selama kontraksi
Perubahan fisiologis yang terjadi padakala 2 persalinan, yaitu:
Terjadi kontraksi dan dorongan padaotot-otot dinding uterus
•Perubahan pada organ dasar panggul

Ekspulsi janin
ekspulsi janin adalah proses keluarnya janindari rahim ibu melewati jalan lahir, baik lunakmaupun keras.
Ketika dasar panggul sudah lebihberelaksasi. Dengan his serta kekuatanmeneran maksimal , kepala janindilahirkan dengan suboksiput di bawahsimpisis (hipomoklion), kemudianberturut-turut lahirlah dahi, muka dandagu melewati perineum. Setelahistirahat sebentar, his mulai lagi utukmengeluarkan badan dan anggota tubuhbayi.
Ekspulsi dibagi menjadi dua..1.Ekspulsi kepala janinTermasuk di dalam ekpulsi ini yaitu kelahiranuub, dahi, muka dan dagu secara berturut-turut.2.Ekspulsi totalYang termasuk dalam proses ini yaitulahirnya bahu depan, bahu belakang danseluruh badan serta ekstremitas .

EKSPULSI

setelah putaran paksi luar bahu depansampai dibawah sympisis dan menjadihypomoclion untuk kelahiran bahu belakang.Kemudian bahu depan menyusul danselanjutnya seluruh badan anak lahir searahdengan paksi jalan lahir mengikuti lengkungcarrus (kurva jalan lahir).





























BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah kita buat dapat disimpulkan bahwasanya pada setiap proses persalinan normal akan terjadi perubahan yang cukup signifikan mulai dari tekanan darah, suhu, denyut jantung, kontrksi uterus,ketuban pecah, terbentuknya segmen atas dan bawah rahim.
Selain peruban fisiologis juga terjadi perubahan secara psikologis diantaranya ibu merasa takut dan cemas, takut persalinannya tidak normal, apakah sanggup merawat bayinya dan sebagainya. Tentu saja antara pasien yang satu dengan yang lain tidaklah sama. Oleh karena itu, sebagai tenaga kesehatan harus terampil dalam memberikan asuhan kebidanan.
Asuhan persalinan pada kala II meliputi perubahan fisiologis pada kala  II, posisi meneran, pemantauan kala II, mekanisme persalinan normal, menolong persalinan sesuai dengan APN, manufertangan dan langkah – langkah dalam persalinan. Selain itu juga dapat dilakukan tindakan Amniotomi dan Episiotomi sesuai dengan indikasi.

B.     SARAN















DAFTAR PUSTAKA

Nur Muslihatun Wafi, 2010.Asuhan Neonatus Bayi dan Balita.Yogyakarta.Fitramaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar